RADIO BAHANA FM>>> RADIO KELUARGA ANDA PASS DI DENGAR PASS DI HATI>>> www.pramesnet.com o RADIO BAHANA FM>>> RADIO KELUARGA ANDA PASS DI DENGAR PASS DI HATI>>> www.pramesnet.com

2011/12/02

JUMAT 2 DESEMBER 2011


PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA PULUHAN MAHASISWA TANYAKAN PENANGAN AIDS DI NGAWI DAN SERANGAN  DIARE BELUM MENUNJUKKAN PENURUNAN JUMLAH PASIENNYA.
SB
Lia hari ini kami awali dari gelar aksi pemuda PMII NGAWI nampaknya  tidak melaksanakan aksi unjuk rasa sepertihalnya yang sering mereka lakukan dalam mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada masyarakat, melainkan dengan gelar aksi damai dalam memperingati hari Aids Sedunia yang jatuh pada kemarin.  Dalam aksi mereka yang didominasi para pemuda ini menanyakan sampai sejauh mana penanganan dan penanggulangan terhadap penderita HIV/Aids untuk di kabupaten Ngawi yang dinilai hingga kini belum maksimal. Aksi  damai Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia cabang Ngawi yang disentrakan  gelar aksinya di gedung DPRD Ngawi  ini,  mereka  pula  tidak melakukan orasi melainkan langsung menuju wall ruang pertemuan yang telah di sediakan oleh kesekertariatan DPRD guna menggelar dialog dengan sejumlah anggota DPRD Ngawi. Agus Susanto selaku koordinator PMII kepada media menjelaskan aksi damai ini sekaligus memperingati  hari aids sedunia  dengan mempertanyakan sejauh mana penangganan dan pencegahan sendiri oleh pemerintah dalam penyebaran Aids di Ngawi, pasalnya Komisi Penanggulangan Aids Daerah atau KPAD dinilai belum maksimal dalam melaksanakan kinerjanya pasalnya terdata penderita Aids tahun 2011 ini alami peningkatan bila di bandingkan dengan tahun sebelumnya dan dapat dipastikan jumlah penderita akan meningkat terus bila tidak ada penanganan yang baik dan optimal.
SB
sementara itu Slamet Riyanto selaku ketua komisi 2 DPRD Ngawi kepada bahana saat dikonfirmasi secara terpisah  menanggapi kedatangan para pemuda PMII  secara positif dan mengakui bila kinerja KPAD sampai saat ini  belum optimal dalam scedulnya mendatang akan menyediakan anggaran yang cukup guna mengkafer kebutuhan KPAD . dari data yang kami peroleh sejak tahun 2002 jumlah penderita HIV/Aids alam i peningkatan yang cukup signifikan di Kabupaten Ngawi yakni mencapai 79 kasus dan dalam 3 tahun terakhir ini alami peningkatan. Dr Puji Rusdianto selaku Kabib P2PL Dinkes Ngawi mencatat dari jumlah 79 kasus penderita hiv/ aids itu, 27 penderita hiv sudah meninggal dalam penanganan medis, dan sisasanya masih hidup. Dari jumlah 79 itu, rata rata didominasi penderita berumur 20 hingga 40 tahun.
SB
Sementara itu penyakit diare di kabupaten Ngawi masih alami peningkatan jumlah penderita nya. Seperti diungkapkan oleh Kasi P2P Dinkes Ngawi Sunaryo kepada bahana menjelaskan diare masih terdata alami peningkatan yang cukup berarti hal ini terbukti dari  pendataan yang dilakukan oleh tim tenaga kesehatan di berbagai sarana kesehatan jumlah penderita pukul angka capai ribuan jiwa dengan ratusaan pasien yang harus jalani perawatan  itensif di sarana kehatan karena keadaan umum mereka yang alami  penurunan.  Seperti data yang kami peroleh untuk 3 bulan terakhir ini  Agustus 715 jiwa, September 726 Oktober 629 dan kendati data bulan November ini belum masuk namun jumlah pasien masih relatif tinggi serta belum ada penurunan jumlah penderitanya.  Sebelumnya pasien Diare menyerang pada penderita dengan range umur 5 hingga 14 tahun  namun untuk saat sekaraang beralih mendominasi dengan umur 0 hingga 5 th serta masih wilayah Walikukun dengan jumlah terbanyak mencapai 996 pasien untuk penyakit diare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar